tugas pasda

NAMA: PIPIT  NOPA DANIEL

NIM: IK 2016 010

MK: PASTORAL DASAR

 

 

 

AKU PERCAYA

 

Aku percaya akan Allah, Bapa yang mahakuasa, pencipta langit dan bumi; dan akan Yesus Kristus PuteraNya yang tunggal, Tuhan kita, yang dikandung dari Roh Kudus, dilahirkan oleh Perawan Maria yang menderita sengsara dalam pemerintahan Pontius Pilatus disalibkan, wafat, dan dimakamkan; yang turun ke tempat penantian pada hari ketiga bangkit dari antara orang mati; yang naik ke surga, duduk disebelah kanan Allah Bapa yang maha kuasa; dari situ Ia akan datang mengadili orang yang hidup dan yang mati. Aku percaya akan Roh Kudus, Gereja Katolik yang kudus, persekutuan para kudus, pengampunan dosa, kebangkitan badan, kehidupan yang kekal. Amin.

 

Kompendium menggambarkan tindakan penciptaan lengkap selama enam hari sampai pada godaan leluhur kita yang pertama (bdk. Kej 1-3). ”Ya Allah, betapa banyak perbuatan-Mu! Semuanya Kaujadikan dalam kebijaksanaan, bumi penuh dengan ciptaan-Mu. Lihatlah laut itu. Besar dan luas wilayahnya, di situ bergerak tidak terbilang banyaknya binatang-binatang yang kecil dan besar. Di situ, kapal-kapal berlayar dan Leviathan yang telah Kaubentuk untuk bermain dengannya. Semuanya menantikan Engkau supaya diberi makanan pada waktunya. Apabila Engkau memberikannya, mereka mengambilnya; apabila Engkau membuka tangan-Mu, mereka dikenyangkan oleh kebaikan. Pada malam Paskah, Gereja memuji Allah karena karya Allah yang bahkan lebih indah lagi, yaitu penebusan umat manusia dan alam semesta: ”Allah yang mahakuasa dan kekal, Engkau telah menciptakan segala sesuatu dengan begitu indah dan teratur. Kini, bantulah kami untuk memahami betapa jauh lebih indahnya penciptaan baru dalam penebusan umat-Mu, pada saat kepenuhan waktu, melalui kurban Paskah kami, Yesus Kristus

Allah, yang sempurna dan penuh bahagia, berencana membagikan kebaikan-Nya dengan menciptakan manusia agar manusia ikut ambil bagian dalam kebahagiaan-Nya. Dalam kepenuhan waktu, ketika saatnya tiba, Allah Bapa mengutus Putra-Nya sebagai Penebus dan Penyelamat manusia, yang sudah jatuh ke dalam dosa, memanggil semuanya ke dalam Gereja-Nya, dan melalui karya Roh Kudus, mengangkat mereka sebagai anak-anak-Nya dan pewaris kebahagiaan abadi.Kemampuan manusia untuk mengenal Allah Engkau telah menciptakan kami untuk Diri-Mu, dan tidak tenanglah hati kami sampai kami beristirahat dalam Engkau” (Santo Agustinus)

 

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Pastoral Dasar, Tak Berkategori. Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s